Sabtu, 25 Februari 2012

U.S SECRET SERVICE



http://www.vote29.com/newmyblog/wp-content/uploads/2010/12/Secret-Service-Badge.jpg

Jakarta Jika Presiden SBY punya Paspampres, maka Presiden AS Barack Obama punya US Secret Service. Merekalah yang bertanggung jawab atas keselamatan orang nomor satu di Gedung Putih ini.

Seperti diberitakan AFP, Obama mengunjungi pusat pelatihan US Secret Service di Beltsville, Maryland, Jumat (30/4/2010). Obama melihat langsung sistem pelatihan di pusat pendidikan satuan elit ini. Obama juga melihat sejumlah demo yang ditampilkan para pengawalnya.

"Presiden Obama juga akan mengucapkan terimakasih pada personel US Secret service yang telah bekerja sangat keras dan mengorbankan diri mereka untuk presiden dan keluarganya," tulis protokoler Gedung Putih dalam jadwal kunjungan Obama.

US Secret Service didirikan tahun 1865, awalnya tugasnya untuk melawan pemalsuan uang. Kemudian tanggung jawab satuan ini diperluas dengan tugas menjaga keamanan presiden, setelah pada tahun 1901, presiden McKinley terbunuh.

Tugas pokok Special Agent atau Agen Khusus Secret Service adalah mengawal presiden dan wakilnya beserta keluarga mereka. Lalu mantan Presiden AS beserta pasangannya, seumur hidup. Kecuali jika pasangan presiden tersebut telah menikah lagi. Mereka juga berkewajiban mengawal anak mantan presiden hingga berusia 16 tahun.
http://farm4.static.flickr.com/3102/2576522618_a04fce9b87_o.jpg
Selain itu, mereka juga bertugas mengawal pasangan capres dan cawapres bersama pasangannya selama kampanye 120 hari. Mereka juga bertugas mengamankan kunjungan presiden ke luar negeri atau ada tamu negara yang berkunjung ke AS. Dalam bertugas para agen ini berpakaian preman dan tidak mengenakan seragam.
http://autoworld.files.wordpress.com/2009/01/cadillac-barack-obama-presidential-limousine-live-ride-img_2.jpg

Dalam bekerja di lapangan, Special Agent selalu dibantu oleh Uniformed Division. Sesuai namanya, dalam melakukan aksi di lapangan, mereka selalu menggunakan seragam resmi. Divisi inilah yang bertugas menjaga Gedung Putih serta kediaman presiden dan wapres.

Mereka dibagi menjadi beberapa tim. Tim pertama adalah kontra sniper. Mereka bertugas memberikan pengamanan dari jauh dan mencegah adanya ancaman
penembak jitu. Lalu ada K-9 Unit, tim ini mendeteksi dan mencegah ancaman bahan peledak.
http://www.dak.com/Reviews/imagesR6/20279_SecretService600.jpg
Selanjutnya ada Emergency Response Team (ERT), mereka mencegah segala ancaman terhadap objek pengawalan. Terakhir ada Magnetometers, merekalah yang bertugas menyiapkan perangkat deteksi logam atau metal detektor di gedung putih, maupun di tempat kunjungan presiden.

Berdasarkan website US Secret Service, saat ini ada 3.200 agen dan 1.300 anggota Uniformed Division. Mereka dibantu 2.000 orang pekerja teknik dan administrasi.

 Pernah Kecolongan

Secret service mengklaim mereka adalah satuan terbaik di dunia dalam pengawalan VVIP. Namun satuan ini sempat kecolongan juga.
Ceritanya pada 24 November 2009, Obama menyelenggarakan jamuan makan malam kenegaraan bagi Perdana Menteri India, Manmohan Singh. Hanya undangan resmi dari Gedung Putih yang bisa mengikuti acara itu.

Namun, pasangan Tareq dan Michaele Salahi, sepasang sosialita dari Virginia, ternyata bisa masuk dalam acara itu. Mereka menerobos penjagaan Secret Service yang terkenal ketat. Michaele Salahi bahkan tampak difoto sedang bersalaman dengan Obama. Pasangan itu pun sempat berfoto bersama Joe Biden dan tamu penting lainnya.

Untungnya mereka hanya berfoto dan tidak berniat jahat pada Obama dan tamu-tamunya.
http://4.bp.blogspot.com/_l8xeX8k9lgo/SB363O8QS9I/AAAAAAAAB8o/UL3t3OOvyhg/s400/barack+secret+service.jpg
Secret service pun mendapat sorotan. Namun pihak Gedung putih menegaskan Obama masih percaya akan kemampuan para pengawalnya ini. (rdf/rdf)

0 komentar:

Posting Komentar

Please fell free to comment everything!

Bagaimana menurut anda blog saya

My PSN