Kamis, 15 September 2011

Giggs Selamatkan United

Finalis musim lalu Manchester United hanya mampu mengais satu angka dari lawatannya ke markas Benfica, pada laga penyisihan Grup C Liga Champions, Kamis (15/9/2011) dini hari WIB. Ryan Giggs menjadi penyelamat United dari kekalahan lewat golnya di akhir babak pertama. Skor akhir 1-1.



LISBON - Finalis musim lalu Manchester United hanya mampu mengais satu angka dari lawatannya ke markas Benfica, pada laga penyisihan Grup C Liga Champions, Kamis (15/9/2011) dini hari WIB. Ryan Giggs menjadi penyelamat United dari kekalahan lewat golnya di akhir babak pertama. Skor akhir 1-1.
Menyambangi markas Benfica di Estadio Da Luz, pelatih Sir Alex Ferguson menurunkan Wayne Rooney sebagai striker tunggal, dalam format 4-5-1. Sementara di kubu Benfica, pelatih Jorge Jesus memilih skema klasik, 4-4-2 dengan menduetkan Oscar Cardozo dan Nicolas Gaitan di lini depan, yang dibantu Pablo Aimar dari lini kedua.
Pertandingan terbuka langsung diperagakan kedua tim sejak wasit meniup peluit pertama. Benfica yang tampil dihadapan publiknya, mampu membuat repot barisan belakang United yang di gawangi Jonny Evans dan Chris Smalling. Unggul dalam penguasaan bola, United menebar ancaman melalui Antonio Valencia di menit ke-9. Sayang, sepakan pemain asal Kolombia dari sisi kotak penalti hanya melintas di atas mistar.
Benfica membalas di menit ke-17, Benfica mendapat peluang pertama melalui Nicolas Gaitan. Sayang, tembakan pemain asal Argentina hanya menyamping di sisi gawang Anders Lindegaard yang ditunjuk menggantikan posisi David de Gea.
Setelah jual beli serangan di 20 menit awal, Benfica mampu membuat gebrakan dengan memimpin terlebih dahulu di menit 24, lewat gol Cardozo. Memanfaatkan umpan Gaitan, Cardozo sukses mengkontrol bola dan melepaskan tembakan kaki kiri dari pinggir kotak penalti yang tak mampu dijangkau Lidegaard. Skor 1-0 untuk Benfica.
Tesentak dengan gol tersebut, United coba meningkatkan intensitas serangan. Namun, Rooney dkk tidak bisa terlalu asyik menyerang karena Benfica selalu siap melancarkan serangan balik cepat. Setelah cukup sabar meladeni permainan Benfica, United akhirnya sukses menyamakan kedudukan melalui pemain veteran Ryan Giggs.
Gol penyeimbang dicetak Giggsy di menit ke-42, melalui sepakan kaki kiri terarah dari luar kotak penalti dan tak mampu dibendung Artur Moraes. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum, meski United kian bernafsu membalikkan keadaan.
Di babak kedua, United terus mencoba melakukan tekanan. Giggs kembali mendapatkan peluang di menit ke-63. Memanfaatkan tipuan Wayne Rooney, pemain veteran asal Wales sukses melewati penjagaan tiga pemain Benfica dan melepaskan tembakan keras kaki kiri, tapi sayang masih mengenai kaki dari kiper Atur dan bola akhirnya hanya menyamping.
Benfica tak tinggal diam dan membalas melalui tendangan Nolito yang masuk di babak kedua. Namun, Lindegaard tampil sigap dengan menepis tendangan mendatar keras yang mengarah ke sisi kiri gawangnya. Lindegaard kembali melakukan penyelamatan gemilang usai menepis tendangan keras Gaitan di pertengahan babak kedua. Sejauh ini, kiper muda Denmark ini tampil cukup mengesankan dalam debutnya di pentas Eropa.
Melihat timnya kurang greget dalam melancarkan serangan, pelatih Sir Alex Ferguson memasukkan Javier 'Chicharito' Hernandez menggantikan Darren Fletcher (68) dan Luis Nani yang menggantikan Antonio Valencia yang tampil kurang maksimal.
Memasuki menit ke-80, kedua tim masih terus berupaya keras mencetak gol tambahan. United masih terus mempertahankan dominasinya dalam penguasaan bola, sementara Benfica terus menebar ancaman lewat serangan balik cepat dan tendangan-tendangan spekulasi dari luar kotak penalti.
Dua menit jelang waktu normal 90 menit berakhir, Nolito mendapat peluang emas membawa Benfica kembali unggul. Apesnya, sepakan Nolito dari jarak dekat hanya melintas di sisi gawang. Striker muda Spanyol ini terlihat sangat menyesalkan kegagalannya memanfaatkan peluang terakhir yang didapatkan timnya.
Di sisa beberapa menit pertandingan, pelatih Jorge Jesus melakukan pergantian terakhir dengan memasukkan gelandang Bruno Cesar yang menggantikan Gaitan. Namun, masuknya Cesar tidak mengubah hasil akhir pertandingan. Kedua tim harus puas berbagi angka sama, 1-1.
Sementara pada pertandingan lain di Grup C, FC Basel sukses menundukkan tamunya Otelul Galati dengan skor tipis 2-1. Striker veteran Alexander Frei jadi pahlawan kemenangan Basel lewat golnya di menit 84, setelah sebelumnya kedua tim bermain imbang 1-1, lewat Fabian Frei dan gol balasan pemain Galati di awal babak kedua, Marius Pena.
Dengan hasil ini, Basel untuk sementara berhasil memimpin klasemen Grup C dengan raihan poin 3. Sementara United dan Benfica harus puas berada di tempat kedua dan tiga dengan satu poin, dan Galati berada di posisi buncit (0).
Susunan Pemain:
BENFICA: Artur Moraes, Maxi Pereira, Luisao, Garay, Emerson, Amorim/Nolito (56'), Javi Garcia, Witsel, Aimar/Matic (75'), Cardozo, Gaitan/Bruno Cesar.
MANCHESTER UNITED: Lindegaard, Fabio Da Silva, Evans, Smalling, Evra, Fletcher/Hernandez, Carrick, Giggs, Valencia/Nani, Rooney, Park. Rooney.

0 komentar:

Posting Komentar

Please fell free to comment everything!

Bagaimana menurut anda blog saya

My PSN